-->

Pecel Lele, Kuliner Khas Nusantara


Pecel lele adalah salah satu kuliner tradisional yang masih meninggi sampai sekarang meski banyak pesaingnya atau banyak pendatang baru yang ingin menggeser posisi pecel lele sebagai kuliner yang terfavorit yang khas dengan ikan lelenya dan juga spanduk penjualnya. Makanan ini juga sangat mudah di temui di semua pedagang kaki lima jika kalian bepergian pun pedagang pecel lele ini sangat banyak atau mudah ditemui di mana-mana. Pecel lele ini menyuguhkan sajian cita rsa ikan lele yang dogoreng garing dan disjaikan dengan sambal pedas dan tak lupa dengan lalabannya sebagai pelengkap juga disediakan tahu dan tempe.

Pecel lele ini merupakan makanan yang berasal dari lamongan jawa timur yang khas dengan cerita bagaimana dulu penjual pecel lele berusaha memikat para konsumen untuk membeli daganngannya. Konon disebutkan dahulu para pedagang pecel lele yang melukis spanduk dagang yang khas dan menjadi cirri bahwa itu adalah penjual pecel lele. Pedagang pecel lele melukis sendiri gambar yang ada di spanduk berusaha sampai menjadi seperti sepanduk yang sekarang, selain cerita dibalik pembuatan spanduk itu pun ada cerita dibalik ikan lele yang konon katanya telah menjadi musuh orang lamongan sehingga tidak ada yang berani memakan ikan lele karena dahulu kala ikan lele telah melindungi orang yang mencuri keris namun seiiring berkembangnya zaman berjlannya waktu banyak orang yang sudah tidak mendnegarkan cerita itu dan malah ikut memakan ikan lele yang banyak gizi dan memiliki cita rasa yang enak.

Terlepas dari cerita yang berdar dengan mitos yang menyertainya dewasa ini pecel lele sudah menjadi makanan favorit yang harganya terjangkau untuk dinikmati apalagi ketika malam-malam ingin menikmati sesuatu penjual pecel lele selalu masih membuka dagangannya sampai tengah malam. Kuliner tradisional yang satu ini memang akan masih hidup sampai nanti karena peminatnya pun masih banyak bahkan dari semua kalangan suka terhadap pecel lele ini, meski asal dari jawa tengah namun di seluruh kota sekarang bisa ditemukan penjual pecel lele ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel