-->

Hidangan Khas Nusa Tenggara Barat

Selain keindahan sektor wisatanya, Nusa Tenggara Barat juga memiliki beberapa makanan hidangan atau masakan yang menjadi khas Nusa Tenggara Barat juga telah banyak di akui kualitas rasanya. Berikut hidangan khas Nusa Tenggara Barat:

1. Ayam Taliwang
Ayam taliwang

Ayam Taliwang adalah kuliner khas dari Taliwang, Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat yang menggunakan bahan utama daging ayam. Masakan yang pada umumnya disajikan dengan msakan lainnya ini dimasak dengan cara membakar daging yang diberi bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, terasi goreng, kencur, gula merah, tomat, dan garam.

2. Sate Bulayak
Sate Bulayak

Sate bulayak adalah sate yang menggunakan bahan utama daging sapi. Kuliner khas Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat yang disajikan dengan bulayak atau lontong dan seperti pada umumnya sate, sate bulayak juga menggunakan bumbu, akan tetapi memiliki rasa yang khas dari bumbu terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk tersebut karena direbus bersama dengan santan besarta bumbu penyedap yang dapat menghasilkan cita rasa bumbu kari.

3. Plecing Kangkung
Plecing Kangkung

Plecing kangkung adalah salah satu kuliner khas Nusa Tenggara Barat yang menggunakan bahan kangkung pilihan yang tumbuh di air mengalir. Setelah kangkung direbut lalu ditaburi sambal tomat yang terbuat dari bahan cabai rawit, terasi, tomat, dan garam. sebagai pendamping Ayam taliwang, Plecing kangkung disajikan bersama sayur-sayuran seperti kacang panjang, taoge, kacang tanah goreng, maupun urap, dan biasanya dihidangkan bersama Ayam Taliwang.

Selain Ayam Taliwang, Sate Bulayak, dan Plecing Kangkung, masih banyak masakan lainnya yang menjadi khas Provinsi Nusa Tenggara Barat seperti Bingka Dolu Gula Merah, Plecing Ayam, dan lainnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel